Senin, 25 Januari 2010

Korea Winter Festival

Winter Festival di Korea dimulai dari bulan Desember sampai Bulan Januari. Departemen Pariwisata Korea sudah menetapkan sejumlah atraksi dan event di berbagai tempat wisata di Korea sebagai item yang wajib dikunjungi dalam Korea Winter Festival. Ada apa aja? yuk dilihat! :)

DESEMBER


Seoul Design Festival
Festival ini sudah berlangsung sejak 2002. Inilah barometer fashion Korea. Kalo kamu berminat pada fashion dan mau tau apa yang lagi tren di sana, silahkan dateng pada awal Desember. Pada festival ini, yang paling unik adalah temanya. Untuk winter tahun ini temanya "Design for Dinner". Biasanya, sampe dekorasi panggungnya pun dibuat sesuai tema. Menarik kan?


Chungmugong Noryang Haejeon Seungcheopje Festival
Sebut saja ini festival perahu. Sekitar seratusan perahu akan berlayar di sungai di bawah jembatan Namhae, Seolcheon-myeon, Namhae-gun, Provinsi Gyeongsangnam-do, juga di awal Desember. Festival ini diadakan untuk memperingati sebuah peristiwa bersejarah saat Jenderal Yi Sun Shin mengalahkan Jepang tahun 1958 dalam pertempuran laut Noryang Haejeon. Berbagai bentuk perahu yang unik-unik juga bisa kamu saksikan di sini.





Boseong Tea Fields Festival of Lights
Pastinya event ini indah banget. Lampu kerlap kerlip di perkebunan teh di Boseong Tea Fields, Hoechon-myeon, Boseong-gun, provinsi Jeollanam-do ini berlangsung dari bulan Desember hingga akhir Januari. Pohon-pohon cemara yang ada di situ juga dihias layaknya pohon natal. Kamu juga bisa menikmati area Love Galaxy Light Tunnel, Green Tea Themed Street dan masih banyak lagi. Buat yang suka narsis, tempat ini dijamin keren buat dijadiin tempat foto-foto!




Sunrise Festival
Menanti malam tahun baru sampai keesokan harinya? Datanglah ke Seo-myeon, Seocheon-gun, Provinsi Chungcheongnam-do. Saksikan kembang api yang luar biasa di tepi pantai. Selanjutnya? Pesta! Jangan sampe ketiduran karena kemeriahan masih berlanjut sampai matahari terbit pertama kali di tahun baru sambil menikmati sup beras yang disebut Ttteokguk yang hanya disajikan pada tahun baru.
Namun, sunrise festival yang paling diminati di Korea adalah di Homigot Sunrize Plaza, Pohang, Provinsi Gyeongsangbukdo, di Pantai Homigot. Karena katanya di Korea, di sinilah matahari terbit sebelum terlihat di tempat-tempat lain. Tentunya ramainya minta ampun! Tempat paling ramai kedua adalah di Gyeongpo Beach, Jeo-dong, Gangneung, Provinsi Gangwon-do. Salah satu Pantai terbesar dan terindah di Korea. Sunrise Festival juga berlangsung di Ilchulbong Peak Area, Seogwipo-si, Jeju Island. Yang unik di sini karena ini adalah pantainya nelayan, jadi penuh dengan perahu nelayan. Pada malam tahun baru mereka akan menyalakan semua lampu kapalnya dan begitu tengah malam, para nelayan akan menghidupkan peluitnya.
Jam pasir raksasa yang ada di Hourglass Park District, Jeongdongjin Beach, Gangneung, Provinsi Gangwon-do akan habis saat menunjukkan pukul 12 pagi. Di sini Sunrise Festival ditandai dengan tradisi memutar balikkan lagi jam pasir raksasa itu.
Buat yang nggak suka pantai, tenang aja. Sunrise Festival juga diadakan di puncak gunung Naksan, di Provinsi Gangwon-do. Di sini udah disiapkan jalur pendakian yang mudah untuk para wi
satawan.


JANUARI-FEBRUARI


Hwacheon Sancheoneo (Mountain Trout) Ice Festival
Event ini berlangsung di lima desa yang ada di Hwancheoncheon Stream, Hwacheon-gun, Provinsi Gangwon-do. Kamu bisa menyaksikan semua hewan musim dingin bermunculan. Kamu juga bisa melubangi es yang beku dan memancing. Ikannya bisa langsung dimasak oleh penduduk setempat.
Festival memancing musim dingin yang paling terkenal adalah di Odacheon S
tream, Jinbu-myeon, Pyeongchang-gun, Provinsi Gangwon-do. Di sini juga diadakan permainan tradisional musim dingin. Hmmm.. Menarik ya?


Mt. Taebaek Snow Festival

Festival ini termasuk pendek, cuma berlangsung seminggu. Tahun 2010 ini digelar pada 22 Januari-30 Januari. Banyak banget yang bisa kamu nikmati di sini, mulai dari pahatan salju, lomba luncur salju, ice climbing competition, Polar Bear Run, dan kamu juga busa ikutan Snowman Festival. Seru, kan?



Inje Icefish Festival
Danau Soyangho di Nam-myeon, Inje, Provinsi Gangwon-do ramai dikunjungi wisatawan pada akhir Januari. Saksikan keindahan pemandangan Seoraksan dan Bangtaesan Mountains yang mengitari danau ini dan nikmati sajian khas ikan musim dingin, dan.... ini yang paling seru : pertandingan bola di atas es! Mau coba?



Jeju Ipchun Gut Nori Shamanistic Dance

Pada awal Februari yang menandai akan berakhirnya musim dingin diadakanlah pertunjukan tari di Jeju-do City Hall Plaza, Gwandeokjeong Plaza, Jeju Mokgwana, dan di sejumlah tempat lainnya. Tarian ini melambangkan doa-doa untuk penen yang berlimpah untuk satu tahun ke depan.



Jeju Jeongwol Daeboreum Fire Festival

Saat hari bulan purnama, yang merupakan hari ke-15 dalam penanggalan bulan, selalu diadakan Jeongwol Daeboreum Fire Festival. Tahun 2010 ini diadakan apada 26-28 Februari. Festival ini juga merupakan doa untuk tahun yang penuh keberuntungan dan kesehatan. Pengunjung bisa menikmati aneka tradisi petani Korea. Kalau melihat judulnya mestinya sih ada api tapi ternyata nggak ada. Ceritanya dahulu kala, para petani di Jeju membakar sawahnya setelah panen untuk mengusir hama. Tradisi itu sudah nggak ada lagi tapi sejumlah upacara tradisional masih dilaksanakan.


Goseong Pollack and Winter Sea Festival

Korea Winter Festival ditutup dengan atraksi menangkap sejenis ikan khas Korea, disebut Pollack dan wilayah Goseong di Gangwon-do Province merupakan penghasil ikan terbesar di Korea. Dlam festival ini ada lomba mancing dan pesta kembang api. Tahun ini atraksi menangkap ikan Pollack berlangsung 25-28 Februari 2010.

Sekian dulu posting kali ini, semoga menambah wawasan teman-teman..
Maaf ya kalau ada salah-salah ketik :)

Sumber : Asian Crush Magazine, page 56-57, Februari 2010 (dengan perubahan)
Pictures : http://images.google.com


0 komentar:

Posting Komentar